Minggu, 24 Mei 2009

Institusi Pendidikan Tinggi

Di Jerman terdapat 323 institusi pendidikan tinggi yang tersebar di seluruh negeri (per 2001). Mereka yang tertarik untuk studi di Jerman dapat memilih antara universitas dan institusi yang berstatus universitas (misalnya Universitas Teknik), Fachhochschule (universitas ilmu terapan) atau SekolahTinggi Seni, Musik dan Film. Institusi pendidikan tinggi umum terbuka bagi mahasiswa dari semua negara.

eputusan mengenai jenis institusi pendidikan tinggi yang tepat bagi Anda tergantung sebagian besar pada apa tujuan studi Anda. Anda harus memperjelas hal ini lebih dulu, sebelum mulai memilih institusi yang paling tepat bagi Anda.

Jenis Perguruan Tinggi di Jerman

Sebelum memulai studi, Anda harus dapat menjawab pertanyaan berikut:

  • Apa jenis perguruan tinggi yang tepat bagi Anda? Apakah Anda lebih tertarik pada perkuliahan yang lebih pendek dan berorientasi pada praktek seperti di Fachhochschule atau Anda lebih memilih kuliah di Sekolah Tinggi Seni dan Musik?
  • Apakah Anda berencana memperoleh gelar di Jerman atau hanya ingin menyelesaikan sebagian dari studi Anda di Jerman (misalnya satu tahun) tanpa memperoleh gelar di Jerman?
  • Atau mungkin Anda telah lulus sarjana di Indonesia dan sekarang hendak melanjutkan ke pascasarjana di Jerman?
  • Apakah gelar Diplom, Magister, Staatexamen (ujian negara), atau gelar DiplomFachhochschule diakui sebagai kecakapan profesional di Indonesia? Atau Anda lebih memilih studi dengan gelar yang diakui secara internasional – Bachelor atau Master?

Struktur Pendidikan Tinggi Tradisional Jerman

I. Universitas

Universitas Jerman bukan hanya tempat berlangsungnya pendidikan dan pelatihan, namun juga tempat dilaksanakannya penelitian murni dan terapan yang independen. “ Pendidikan dan ilmu pengetahuan murni “ menuntut agar mahasiswa terlibat kerja akademis yang disiplin.

Universitas memberikan gelar akademis Diplom, Magister,Bachelor, Master serta Doktor. Universitas berhak menganugerahkan Habilitation, kecakapan mengajar bagi professor.

Jurusan yang dibuka di universitas mencakup kedokteran, ilmu pengetahuan alam, teknik, humaniora, hukum, teologi, ekonomi/business administration, dan ilmu sosial, pertanian dan kehutanan.

Struktur Pendidikan di Universitas

Karena di universitas lebih menekankan pada penelitian, masa studi yang dibutuhkan lebih lama dibandingkan dengan studi di FH (10-12 semester). Terdiri dari 4 semester masa studi dasar (Grundstudium) untuk pendalaman teori yang ditutup dengan ujian „Vordiplom“. Kemudian dilanjutkan dengan studi utama atau Haupstudium sekitar 4-6 semester. Keseluruhan masa studi ditutup dengan ujian lisa dan tertulis untuk memperoleh gelar Diplom atau Magister. Gelar Diplom atau Magister ini setingkat dengan gelar Sarjana Strata 2.

II. Fachhochschule (FH)

Jika mahasiswa asing tidak menemukan kesulitan membayangkan apa itu universitas atau universitas teknik, Fachhochschule adalah elemen istimewa dengan tradisi singkat dalam sistem pendidikan tinggi Jerman. Namun FH cepat terkenal. Seperempat dari seluruh mahasiswa sekarang memutuskan untuk studi di FH. Jumlah mahasiswa yang studi di FH meningkat 5 kali lipat sejak pertama kali dibentuk. Lebih singkatnya jalur menuju dunia kerja menjadi hal yang menarik mahasiswa untuk studi di FH. Studi di FH lebih fokus pada praktek. Penyusunan perkuliahan yang ketat, pengajaran dalam kelompok yang kecil, penilaian terus-menerus melalui ujian, dan pilihan mata kuliah yang berorientasi pada kebutuhan dunia kerja memungkinkan masa studi di FH lebih singkat dibanding di universitas.

Jadi di FH berlangsung pengajaran dan juga penelitian. Namun, penelitian yang berfokus pada praktek dan lebih berbasis aplikasi. Oleh karena itu, jurusan yang berfokus pada teori secara absolut tidak ditawarkan di FH. Jurusan yang dibuka diarahkan khususnya untuk mencetak profesional yang mengenyam pendidikan praktis dan akademis dalam bidang teknik, business administration, desain, dan pelayanan sosial. Gelar akademis yang diberikan pada umumnya adalah Diplom (FH).

Struktur Pendidikan di Fachhochschule

Fachhochschule (FH) yang menekankan pengajarannya pada praktek, memungkinkan masa studi yang relatif lebih singkat dibanding di universitas, yaitu sekitar 8 semester. Terdiri dari masa studi dasar (Grundstudium) 3 semester yang ditutup dengan ujian Vordiplom. Kemudian dilanjutkan dengan semester praktek selama satu semester/6 bulan. Setelah itu masuk ke masa studi utama (Haupstudium). Keseluruhan masa studi ditutup dengan ujian lisan dan tertulis untuk memperoleh gelar Diplom (FH).

III. Sekolah Tinggi Seni, Musik dan Film

Pendidikan dan pelatihan yang diselenggarakan di Sekolah Tinggi Seni, Musik dan Film di Jerman bertujuan mempersiapkan lulusannya untuk berkerja sebagai artis atau musisi profesional, profesional di bidang desain, film dan media serta pengajar di bidang artistik. Secara substansi pendidikan di Sekolah Tinggi Seni, Musik dan Film berbeda dengan di universitas.

Untuk penerimaan masuk, pelamar harus membuktikan bahwa dia telah memiliki kualifikasi masuk ke perguruan tinggi (contohnya surat tanda tamat belajar) yang setara dengan kualifikasi Jerman. Di samping itu, pelamar harus menguasai bahasa Jerman dengan baik sebab secara umum bahasa pengantar di Sekolah Tinggi Seni, Musik dan Film adalah bahasa Jerman. Pada umumnya pelamar yang memenuhi syarat kemudian harus mengikuti tes kemampuan atau mempresentasikan contoh karyanya. Namun demikian, Anda sebaiknya menanyakan langsung ke masing-masing perguruan tinggi, karena syarat masuk dapat berbeda antara satu dengan yang lain.

Masa studi berkisar antara 8-12 semester tergantung dari jurusan yang diambil. Gelar yang diberikan pada umumnya adalah Diplom.

International Degree Programs

Beberapa tahun terakhir beberapa universitas dan juga Fachhochschule menawarkan jurusan yang memberikan gelar internasional. Jurusan ini didesain untuk menarik mahasiswa asing dan Jerman yang mencari pendidikan dengan dimensi internasional. Jenjang studi yang ditawarkan meliputi S1, S2 dan S3 (Bachelor, Master, Ph.D). Jurusan yang ditawarkan oleh institusi pedidikan tinggi Jerman memenuhi standar berikut:

  • Standar akademis yang tinggi
  • Program studi yang tertata rapi
  • Gelar internasional, seperti Bachelor dan Master
  • Perkuliahan diselenggarakan dalam bahasa Inggris, seringkali selama tahun pertama
  • Kursus bahasa Jerman ditawarkan sebelum dan selama studi
  • Pelayanan spesial: pelayanan dukungan akademis dan pribadi oleh tutor dan mentor, konsultasi studi yang intensif, kelas yang kecil, dll.
  • Kesempatan untuk menyelesaikan satu periode studi di universitas partner di luar negeri

Jika Anda ingin mengetahui secara pasti apakah suatu jurusan sesuai dengan Anda, silakan mengunjungi situs www.daad.de/idp untuk mengetahui informasi lebih detil. Situs ini memuat deskripsi singkat dari setiap jurusan, syarat masuk, bahasa pengantar, biaya, dll.

Perbandingan struktur gelar tradisional dan internasional di Universitas

Perbandingan struktur gelar tradisional dan internasional di Fachhochschule

Tidak ada komentar: