Senin, 16 Maret 2009

Boomm!!!Dimana-mana Pendidikan Anak Usia Dini

Boomm!!! Pendidikan Anak Usia Dini ada dimana-mana…. sedang booming rupanya …..Mulai dari bayi belajar membaca,bayi belajar matematika,bayi belajar ensiklopedi,bayi belajar berenang,bayi belajar memasak upsss yang ini blum ada hehehe :)

Kayaknya jaman informasi ini bayi-bayi juga mulai kebanjiran informasi ….Sebenarnya gak ada yang salah dengan itu semua …Anak kecil terutama bayi sangat suka belajar ,mereka lebih suka belajar daripada makan ,lebih suka belajar dari pada tidur .Saya setuju mengenai Pendidikan Anak Usia Dini .

Kita orang dewasa selalu menganggap menjadi bayi adalah hal yang sangat menyenangkan ,bayi yang cantik itu tidur ditempat yang nyaman ,dan tugas utamanya hanya makan dan tidur .Tetapi coba bayangkan Anda menjadi bayi …Bayi tidak dilahirkan didunia seperti itu ,bayi-bayi cantik telah melewati perjalanan yang penuh bahaya sepanjang hidupnya ,meskipun bayi-bayi ini dilahirkan denganm operasipun ,dia punya tugas yang sangat banyak .

SANGAT MENAKJUBKAN! bahwa bayi-bayi cantik itu sangat cepat untuk belajar ,dalam proses setelah melahirkan bayi-bayi cantik ini harus beradaptasi hidup di udara bukan di dalam cairan ,dia harus belajar dasar untuk BERNAFAS!

Saat dilahirkan bayi-bayi yang cantik ini hampir dikatakan buta ,dia terpapar sinar untuk pertama kalinya dan dia berusaha menggunakan matanya untuk melihat dan bayi cantik ini menjadi cepat lelah dan mengantuk .Dihari lahirnya bayi cantik ini juga hampir dikatakan tuli ,dia hanya bisa mendengar suara keras tetapi kacau dan sangat sulit untuk mencernanya .Tangan dan kakinya seharusnya bisa bergerak bebas tapi dia dibungkus seperti mummy ,dia hanya bisa mengangis untuk cara berkomunikasinya karena paru-parunya belum siap untuk mengeluarkan suara.(Saya rasa kita harus mempercepat proses adaptasinya dengan Pendidikan Usia Dini agar bayi cantik ini tidak menderita terlalu lama :) )

Hampir semua bayi yang cantik ini dilahirkan dalam keadaan hampir buta,tuli dan di dunia yang tidak menyenangkan ..tidak yang seperti kita bayangkan ,bayi cantik ini harus berjuang menghadapi kebutaan,tuli dan kondisi tidak dapat bergerak leluasa .

Dan bayi-bayi cantik ini berpikir adalah tugasnya untuk belajar melihat,mendengar,merasakan dan bergerak ,dan bayi cantik ini menggunakan sepanjang waktu ‘melek’nya untuk belajar semua hal ini .Bayi begitu lahir langsung dibungkus dalam selimut kita berusaha membuat hangat tubuhnya,tetapi kita memasang AC yang dingin agar kita tetap segar ,kalo seumpama AC dimatikan maka yang kepanasan KITA.Didalam masa tumbuh kembangnya kita menggunakan stroller,walker,swing or baby sitter or apa aja deh buat membuat kita nyaman ,enak-enak gak usah gendong sana sini ….Semuanya demi kenyamanan Anda !!

Bayi-bayi yang cantik amat sangat bergantung dengan kita ,Kita membatasi ruang gerak mereka untuk merangkak dan meramnbat .Bayangkan saja Anda yang menjadi bayi itu ! Tidakkah kita berpikir untuk berperan dalam Pendidikan Anak di Usia Dini biarkan mereka berkembang dan beradaptasi dengan lingkungannya .

Sebagai orangtua dan makhluk sosial kita harus melihat dengan jeli apa prioritas kita ketika kita memutuskan untuk melahirkan seorang bayi yang cantik ke dunia ini .Ketika kita meneliti lebih lanjut ,kita telah menjadi egois ,tidak sensitif dan melihat hanya jangka pendeknya,dan hanya mendesain lingkungan bayi sedemikian rupa hanya untuk kenyamanan kita,mengesampingkan hak bayi-bayi cantik kita untuk bergerak dan mengembangkan kemampuannya secara maksimal .Peranan orangtua dalam Pendidikan Anak Usia Dini akan semakin penting,semakin banyaknya Orangtua yang bekerja karenan tuntutan jaman dan kondisi ekonomi. Mari kita investasikan waktu yang ada dan segalanya ,mengesampingkan kenyamanan kita untuk perkembangan jangka panjang anak-anak bayi kita .Tapi dengan adanya Pendidikan Anak Usia Dini jangan lupa mengisi nilai moral anak,kita sebagai orangtua harus punya Rumus Sukses Mendidik Anak Dahulu ,Sehingga hidup tidak sekedar hidup-hidupan .

Hidup Pendidikan Anak Usia Dini !!!


Sumber :

(http://anakjenius.info/boommdimana-mana-pendidikan-anak-usia-dini/)

Tidak ada komentar: