Minggu, 15 Februari 2009

Australia Bantu Rp. 30 Milyar untuk Program Pendidikan Dasar Indonesia

Pemerintah Australia menambah dukungan bagi program Penciptaan Komunitas Belajar bagi Anak (Creating Learning Communities for Children -- CLCC) sebuah program yang dikelola UNICEF/UNESCO untuk memperbaiki pendidikan dasar di Indonesia.

Dilaksanakan bersama lembaga-lembaga di bawah Pemerintah Indonesia, CLCC telah berjalan di 637 sekolah pada 27 kabupaten dan hasilnya akan bermanfaat bagi sekitar 110,000 anak.

“Saya gembira dapat mengumumkan di sini bahwa Australia akan menyumbangkan A$ 5 juta {sekitar Rp. 30 Milyar} bagi program ini,” kata Menteri Luar Negeri Australia, Alexander Downer, dalam pernyataan persnya Senin 8 Desember 2003. “Lewat bantuan ini, kegiatan CLCC dapat diperluas dengan tambahan 624 sekolah lain di 13 kabupaten yang berbeda.”

Pemerintah Australia memiliki komitmen yang serius untuk memperluas jangkauan dukungannya dalam bidang pendidikan dasar di Indonesia, termasuk pada sistem sekolah Islam utama (mainstream Islamic school system). Bantuan ini bertujuan agar program CLCC dapat tersebar secara benar-benar merata ke sejumlah besar sekolah sekuler dan madrasah.

Program CLCC difokuskan pada pendidikan dasar dan membantu Pemda-pemda kabupaten dalam perencanaan dan penyampaian layanan pendidikan dasar sejalan dengan kebijakan pendidikan Pemerintah Indonesia.

Jelas bahwa sejauh ini program CLCC telah berhasil memenuhi kebutuhan pendidikan dasar di Indonesia, termasuk dalam urusan pembiayaan, dukungan masyarakat dan perbaikan mutu dan kelayakan pendidikan.



Sumber :
(http://www.indo.ausaid.gov.au/bi/media/2003/sp9basiced.html)

Tidak ada komentar: